5 Kuliner Sekitar Kampus IPB Bogor Yang Bikin Kangen

Haloo... Sudah lama nggak update blog, tapi sungguh deh, pemilik blognya belum mati, ha ha ha ha ha... Anyway, lagi pengen flashback dan nostalgila sama 5 kuliner sekitar kampus IPB Bogor yang bikin kangen. Soalnya beberapa kali dalam sebulan ini ada urusan di Bogor, tapi cuma berkisar di kota Bogor dan nggak sempat main ke daerah kampus.

Di kampus juga nggak ada keperluan khusus sih, cuma sekedar napak tilas kenangan tempo doeloe, ngecengin dedek-dedek unyu, sama menuntaskan rindu sama beberapa makanan di sekitar kampus yang dulu pernah segitu akrab dengan rasanya.

Meskipun kalo kata junior, di grup yang masih berhubungan sama kampus dan Bogor, ada juga beberapa kuliner baru yang juga layak dicoba. Layak dicoba dalam arti lumayan bikin saya penasaran yaa…

Nggak heran sih kalau semakin banyak pilihan kuliner inovatif yang bermunculan, karena kampus memang selalu menghidupkan setiap daerah, dan untuk tetap unggul dalam bisnis inovasi adalah kunci. Tidak terkecuali untuk urusan kuliner.

Nah, ini 5 kuliner sekitar kampus IPB Bogor yang perlu banget kamu coba, Sob.

1. RM. Raos
Rumah makan Raos adalah salah satu rumah makan dengan rasa juara dunia… paling tidak sih buat mahasiswa rantau yang makan sehari cuma 2 kali pakai sistem rapel, he he he he…

Tapi nggak kok, Raos ini cukup terjangkau dari segi harga. Rata-rata harga menu yang disajikan mulai dari belasan ribu rupiah. Yang paling bikin kangen tentu saja ayam bakarnya, tapi selain itu RM. Raos juga menyajikan menu lain seperti ayam goreng, berbagai jenis ikan, tahu, tempe, udang, dan cumi-cumi. Semuanya bisa dipilih mau dibakar atau digoreng. Dan tidak lupa berbagai lalapan yang sangat variatif.

RM. Raos juga menyajikan minuman berupa jus buah segar berbagai macam yang enak-enak. Jangan lupa dicoba ya, lokasinya di Jl.Babakan Raya IPB Dramaga No.37/40-Bogor.

sumber : bisnisdierenz.com
  
2. Cak Joyo
Kalau Raos terkenal dengan ayam bakarnya, Cak Joyo justru tersohor dengan ayam gorengnya. Yang membuat beda adalah tepung crispy yang membalut potongan ayam sehingga lebih crunchy saat digigit. Belum lagi sambal pedas beraroma jeruk limau yang khas dari Cak Joyo. Endess!

Tidak hanya ayam goreng, Cak Joyo juga menyajikan pecel ayam, tahu tempe, dan telur dadar. Iya, kamu nggak salah denger, Sob, pecel telur dadar, he he he he. Dan harus diakui itu adalah salah satu menu favorit mahasiswa yang jadi pengunjung tetap Cak Joyo.

Iya dong, pilihannya kan nggak banyak tempat bisa makan enak dan kenyang yang murah meriah seperti itu.  Soalnya nasinya all you can eat, Sob. Bisa nambah sepuasnya, hi hi hi hi

Jika ingin mencoba, Cak Joyo ada di Babakan Lio, Darmaga, tidak jauh dari pangkalan angkot Kampus Dalam.

3. Ketoprak Pangkot
Buat yang nggak bisa makan pedas dan merasa kurang tantangan hidup, silahkan coba Ketoprak Pangkot atau pangkalan angkot di Babakan Lio, pangkalannya angkot Kampus Dalam. Pasalnya ketoprak satu ini bukan cuma enak, tapi pedasnya nggak kira-kira.

Jadi kalau mau beli itu sering ada pergolakan batin antara nagih tapi kapok dipecundangi usus sendiri, he he he he. Tapi ini serius sih, seringkali waktu kita bilang nggak pedas pun masih dikasih cabai juga walau cuma satu. Dan entah satu cabai itu punya kandungan capsaicin sebanyak apa tapi yang jelas sih itu aja sering bikin bibir jontor. Maka pastikan bilang jangan pakai cabai sama sekali kalau kamu punya organ pencernaan serapuh hati ABG menjelang akil baligh.

Anyway, yang beda dari ketoprak ini selain pedasnya adalah bumbu kacangnya yang “banjir”. Nggak encer sampai jadi kuah, tapi yang pasti cukup buat bikin citarasanya terasa rata di semua bagian ketoprak. Mulai dari mie putih sampai ke kerupuk-kerupuknya :D

4. Resto Taman Koleksi
Masih di dekat kampus IPB, tapi bedanya tempat kuliner satu ini di kampus IPB Baranangsiang yang bersebelahan dengan Botani Square. Bahkan sebetulnya Resto Taman Koleksi ini ada di dalam wilayah kampus Baranangsiang.

Paling enak makan di tempat ini siang hari sambil menikmati sejuknya pohon-pohon kapuk yang rindang, dan bercengkrama sama keluarga. Mungkin ini yang membedakan dari resto lain, meski persis di sebelahnya ada mall besar yang pastinya menyediakan banyak pilihan makanan lainnya.

Menu yang ditawarkan cukup beragam. Mulai dari makanan tradisional seperti nasi goreng, nasi uduk, dan nasi kuning, sampai yang modern seperti steak, pancake, dan lain-lain. Kamu bisa cek infonya di aplikasi pencari lokasi Cari Aja ;)



5. Chocolava IPB
Yang satu ini juga di dekat kampus IPB Baranangsiang. Persis di seberang pintu masuknya bahkan. Dan rasanya sih paling pas buat kamu penggemar coklat dan beragam bakery, Sob.

Dan seperti namanya, manu unggulan di sini pastinya adalah chocolava. Cake coklat dengan coklat leleh yang lumer di bagian dalamnya. Nggak ada tandingannya deh kalau dikudap di sore hari sambil menikmati udara Bogor yang sejuk (asal nggak hujan ya, he he he).

Harga cake dan roti di sini cukup terjangkau. Rata-rata sekitar Rp 50.000 - Rp 70.000 untuk makan berdua.

sumber : food.detik.com
Nah itu 5 kuliner sekitar kampus IPB Bogor yang perlu banget kamu coba, Sob. Jangan lupa sambil jalan-jalan coba juga beberapa kuliner lainnya. Oh iya, kalau ke kampus IPB yang Darmaga nggak usah takut nyasar yah, kamu bisa download Cari Aja buat cari info lokasi dan lain-lainnya :)


Comments

  1. Ya, ya, ya Mas.. Makanan sekitar kampus kebanggaan Bogor emng ga ada abisnya ya!
    saya sendiri paling demen nongki-nongki sekalian nugas di resto taman koleksi :D
    lumayan, wifinya kenceng hihi

    ReplyDelete

Post a Comment